PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
PROSPEK
PROFESI GURU
DALAM
DUNIA PENDIDIKAN
Oleh : Nur Ahmadi
Pendidikan
adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang
telah di tetapkan. Pendidikan bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya
manusia yaitu melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam upaya meningkatkan
kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia
yang harus dibina dan dikembangkan secara terus-menerus.
Pembentukan profesi guru dilaksanakan melalui
program pendidikan pra jabatan ( pre-servive
education) maupun program dalam jabatan (inserve education). Seperti
yang dinyatakan dalam Google.COM.
Esihairani mengatakan: pendidikan guru pra
jabatan setelah terbuka menetapkan tujuan pendidikan guru yang jelas bagi
publik, pendidikan yang lebih personal menjadi guru profesional dan bertanggung
jawab, dalam jumlah dan mutu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan
perkembangan masyarakat Indonesia yang sudah membangun.
Potensi
sumber daya guru itu perlu terus-menerus bertumbuh dan berkembang agar dapat
melakukan fungsinya secara profesional. Itulah sebabnya perlu adanya Supervisi.
Supervisi adalah suatu usaha dalam memberi pelayanan kepada guru baik secara
individual maupun kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran. Supervisi
pendidikan itu bertolak belakang dari keyakinan dasar bahwa guru adalah suatu
profesi. Suatu profesi selalu bertumbuh dan berkembang, perkembangan profesi
itu di tentukan oleh faktor internal dan eksternal.
Sosok
guru adalah seorang figur dalam dunia pendidikan dan pengajaran.
Sebagai
profesi, dialah yang mempunyai tugas membentuk para siswa nya menjadi
pribadi-pribadi yang mapan, handal, dan siap untuk meneruskan estafet kehidupan
mendatang yang berguna bagi bangsa dan Negara. Para tokoh masyarakat yang ada
sekarang, di setiap kehidupan baik formal maupun non-formal, tidak terlepas
dari andil seorang guru yang membentuk peserta didik, sehingga menjadi seperti
ini. Berbeda dengan profesi lainnya,
mendidik dan mengajar adalah sbuah profesi yang sangat mulia dan diakui
oleh hampir semua aspek kehidupan, dengan segala bentuknya, agama, pemerintah,
serta masyarakat secara umum.
Ada dua perkara substantif yang harus selalu
diperhatikan dalam upaya peningkatan guru, yaitu:
1.
Keharusan
meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, dengan terus mencari dan
menerapkan program dan metode inovatif yang mengena dan bermutu.
2.
Hal
yang juga sangat krusial adalah upaya menjaga dan meningkatkan moralitas guru
dihadapan para siswa serta masyarakat secara umum.
Setiap guru memiliki keterbatasan disamping
kelebihannya, alih-alih memahami sebagai suatu keniscayaan, masih banyak orang
memandang keterbatasan itu bagaikan momok dalam dunia pendidikan,
sehingga wajib disembuhkan. Akan tetapi, sayogyanya pemerintah, pemda dan stakeholders
pendidikan memahami keterbatasan guru sebagai bagian dari problematika
keprofesionalan yang memerlukan pemecahan tidak secara seragam, baik terhadap
individu maupun kolektif.
0 komentar: