Sabtu, 26 Januari 2013

PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN


PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Oleh : Misbahul Ulum

Sosok guru adalah figur dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Sebagai profesi, dialah yang mempunyai tugas membentuk para siswanya menjadi pribadi-pribadi yang mapan, handal, dan siap untuk meneruskan estafet kehidupan mendatang yang berguna bagi bangsa dan negara. Para tokoh masyarakat yang ada sekarang, di setiap kehidupan baik formal atau non-formal, tidak terlepas dari andil seorang guru yang "membentuk" peserta didik, sehingga menjadi seperti saat ini. Berbeda dengan profesi lainnya, mendidik dan mengajar adalah sebuah profesi yang sangat mulia dan diakui oleh hampir semua aspek kehidupan, dengan segala bentuknya; agama, pemerintah, serta masyarakat secara umum. Semua agama, tanpa terkecuali "memberikan" predikat mulia kepada tugas seorang guru. Demikian halnya sebuah pemerintahan. Selayaknyalah menyadari bahwa beban yang diemban para guru adalah suci dan berat; mempersiapkan penerus bangsa. Karena pada hakekatnya, keberhasilan pemerintahan suatu Negara adalah keberhasilan pemerintahan sebelumnya dalam mempersiapkan generasi muda melalui "tangan kreatif" guru. Demikian juga sebaliknya. Sudah banyak program pemerintah yang mengarah pada hal tersebut. Berupaya semaksimal mungkin "menghargai" profesi guru, termasuk meningkatkan taraf kesejahteraan hidup. Program mutakhir yang mengarah pada hal tersebut adalah sertifikasi guru. Sebuah program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan.
Baik pemerintah atau pun guru, keduanya sama-sama bertanggung jawab mengentas kebodohan bangsa. Secara tekhnis, dengan program sertifikasi guru, pemerintah berusaha terus menjalankan tugasnya mempersembahkan tenaga-tenaga guru selektif-berkualitas untuk bangsa. Sementara bagi kalangan guru, dengan program yang sama, semakin termotifasi untuk menjadi guru yang profesional dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik bagi bangsa. Karenanya, melalui program yang sedang digalakkan ini, kedua belah pihak (baik pemerintah serta para guru) diharapkan bersama-sama terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Sejalan dengan itu, Pemerintah Daerah, dan stakeholders pendidikan dituntut kapabilitasnya agar tidak kikir dalam memberikan fasilitas yang memadai bagi terwujudnya guru profesional, selaras dengan tuntutan Standar Nasional Pendidikan. Paling tidak jangan sampai mengabaikan faktor perbaikan dan peningkatan kesejahteraan guru. Seperti yang sudah seringkali diungkapkan, kesejahteraan guru yang memadai memiliki relevansi sangat signifikan terhadap kualitas  profesinya. Selama ini tidak henti-hentinya guru diminta segera mengubah realita keterpurukan. Untuk itu, berbagai topik seminar, lokakarya, atau semiloka sudah dan akan sering digelar. Tentu saja diikuti oleh banyak guru dengan berbagai alasan, yang salah satunya pasti berkaitan dengan sertifikasi, sebagai jawaban atas tuntutan mengumpulkan bahan dokumen portofolio. Kenyataannya, setelah sertifikat diperoleh, masih tidak mudah mengajak mereka berkreasi, berinovasi, dan berimprovisasi
            Kiranya Cukup Apa yang dapat Penulis Tuangkan Kedalam Kertas Putih Ini dan Harapan Penulis Semoga Tulisan Ini Dapat Bermanfaat dan dapat sebagai motifasi bagi semua pembaca, walaupun mungkin masih banyak yang perlu disempurnakan dalam tulisan ini karna masih banyak yang tidak sesuai, oleh karena itu penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih dan Selamat Membaca dan Menulis Karya.

0 komentar: