Sabtu, 26 Januari 2013

GURU SEBAGAI TAULADAN


GURU SEBAGAI TAULADAN
Oleh : Nurul Fitriyah

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan anak didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan berisi interaksi antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketiganya merupakan komponen yang saling berkaitan. Jika hilang salah satu maka hilang pulalah hakikat pendidikan.
Pendidik dalam pandangan islam adalah guru atau dosen. Sederhananya guru bisa disebut pengajar dan pendidik sekaligus. Islam memberi penghargaan yang sangat tinggi terhadap guru. Begitu tingginya penghargaan itu sehingga menempatkan kedudukan guru setingkat di bawah kedudukan nabi dan rasul. Mengapa demikian? Karena guru selalu terkait dengan ilmu pengetahuan, sedangkan islam sangat menghargai pengetahuan.
Para ahli pendidikan islam telah sepakat bahwa tugas guru ialah mendidik. Mendidik adalah tugas yang amat luas, bisa dilakukan dengan bentuk mengajar, memberi dorongan, memuji, menghukum, memberi contoh, membiasakan dan lain-lain. Mendidik adalah pekerjaan profesional. Oleh karena itu, guru sebagai pelaku utama pendidikan merupakan pendidik profesional. Sebagai pendidik profesional, guru bukan saja di tuntut melakukan tugasnya secara profesional tetapi juga harus memiliki pengetahuan dan kemampuan profesional. Guru merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan, karena itu harus memiliki perilaku dan kemampuan untuk mengembangkan siswanya secara optimal. Seorang guru juga dituntut mampu menyajikan pembelajaran yang bukan semata-mata mentransfer pengetahuan, ketrampilan dan sikap tetapi juga memiliki kemampuan meningkatkan kemandirian siswa. Oleh karena itu guru harus meningkatkan kompetensi dirinya. Adapun kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah : Kompetensi Paedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial.
Selain itu seorang guru juga harus mempunyai syarat dan sifat-sifat baik di antaranya yang pertama: Beriman kepada Allah SWT. Kedua: Jujur (Ketika menyampaikan ilmunya, seorang guru harus memiliki kejujuran dengan menerapkan apa yang dia ajarkan dalam kehidupan pribadinya). Ketiga : Ikhlas ( sebagai pendidik bukan semata-mata menambah wawasan keilmuannya namun harus ditujukan untuk meraih keridlaan Allah serta mewujudkan kebenaran). Keempat : Tegas ( mampu meletakkan sesuatu sesuai proporsinya sehingga dia akan mampu mengontrol dan menguasai siswanya). Kelima : Mempunyai kasih sayang yang tinggi terhadap peserta didiknya. Keenam : Guru harus mengetahui karakter muridnya. Ketujuh: Guru harus selalu berusaha meningkatkan keahliannya, baik dalam bidang yang di ajarkannya maupun dalam cara mengajarnya. Kedelapan: Guru harus mengamalkan ilmunya.
Sebenarnya tugas guru amatlah sangat berat, selain harus mampu menciptakan metode-metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif seorang guru juga harus bisa menjadi tauladan bagi siswanya. Bukan hanya mrenjadi tauladan di sekolah tetapi juga diluar sekolah. Namun semua itu menjadi ringan apabila kita mampu melakukannya dengan ikhlas dan menganggap profesi guru sebagai profesi impian.
Profesi guru merupakan prospek yang amat baik dimasa depan karena semakin banyak pendidikan dimasa depan dan semakin banyak pulalah tenaga guru yang akan dibutuhkan. Selain itu juga dengan adanya tunjangan-tunjangan membuat para calon guru berlomba-lomba melamar kesana-sini untuk menjadikan guru sebagai profesi tetap mereka.                                                                                                                                                                                                                                              
Membicarakan tentang profesi guru pasti tidak ada habisnya. Malah akhir-akhir ini profesi guru seakan-akan menjadi rebutan dan menjadi topik yang paling hangat dimana-mana. Guru zaman sekarang ini sangat dihargai  Tidak seperti guru zaman dulu yang hanya mendapat upah ala kadarnya saja, Sekarang pemerintah memberikan perhatian lebih untuk para guru dengan memberikan tunjangan-tunjangan sehingga kehidupan para gurupun semakin sejahtera.
Dari uraian di atas semoga kita dapat mengambil manfaat dari apa yang saya paparkan.                    Tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan artikel kami selanjutnya. Semoga kita menjadi guru yang  bisa menjadi tauladan bagi murid-muridnya. Amiin…

0 komentar: