PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
PROSPEK
PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Oleh : Nur Ahmad Shodiqin
Menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah, ini adalah pekerjaan yang
menuntut banyak pengorbanan, meskipun beberapa guru tampak lebih medah
melakukan tugasnya, mengajar sebenarnya mengandung banyak rintangan bisa jadi
karena kenakalan siswa atau karena gaji yang diberikan kurang dari cukup.
Banyaknya rintangan dan kesulitan yang dihadapi suaktu menjadi seorang guru
tidak menyurutkan langkah mereka untuk mengabdi didalam dunia pendidikan
disamping itu juga seorang guru juga harus memiliki kemampuan tertentu sesuai
dengan nilai dan norma yang seharusnya dimilikinya, misalnya berkepribadian
baik, dewasa, tanggung jawab dan mandiri terutama secara moral agar dapat
dijadikan motifasi peserta didiknya, sudah menjadi kuajiban suatu lembaga
pendiikan harus meningkatkan mutu dan kualitas.
Seorang guru saat ini mempunyai prospek yang sangat baik dibandingkan
dengan tahun tahun sebelumnya, sekarang seorang guru difikirkan kesejahteraanya
yaitu dengan adanya tunjangan fungsional dan sertifikasi tetapi kadang juga
orang menganggap guru itu profesi yang tidak menjanjikan, tapi hal seperti itu
tergantung niat dan keikhlasan masing-masing indifidu terkait.
Status
dan profesi masyarakat terhadab hidub individual dan hidub sosial persaingan
sumberdaya dari sektor pembangunan dan pembesaran imbal atas partisipasi kerja
menentukan status dan posisi guru
Dalam
status yang kondusif terhadap hal-hal yang ditentukan diatas maka terjadi
perbedaan pandangan tentang strategi dan tidak strateginya profesi gurudalam
masyarakat, sejak awal masyarakat indonesia terbangun oleh kondisi-kondisi
objektif lingkungan dalam lingkungan sosial lingkungan budaya maka terbangunlah
budaya buku tentang setatus sosial pendidik guru da;am masyarakat.
Namun
dalam perkembangan kehidupan masyarakat indonesia yang yakin materealistik atau
kebendaan dan individualistik dan rendahnya alokasi imbalan prestasi kerja dan
prioritas prioritas kebijakan pembangunan yang lebih berorientasi pembangun an
fisik maka dotrin itu tambah menjadi guru, artinya saat ini masyarakat lebih
menghargai penting guru.
Adapun
prospek guru antara lain tahapannya :
1.
Dimulai
era reformasi yang menjadika pendidikan
sebagai sarana dasar kelangsungan yang berkelanjutan pendemokrasian kehidupan
disemua sektor kehidupan politik ekonomi sosian kultural, maka peran guru
selalu pendidik yang berfungsi membudidayakan dan meningkatkan mutu r
kreatifitas suberdaya manusia indonesia menjadi semakin strategi.
2.
Dengan
diterapkanya profesi kebijakan pembangunan bangsa diawali dengan pembangunan
mata sumberdaya manusia, maka prioritas pembangunan juga diletakkan pada
pembangunan juga ditanya pada pendidikan ini berarti prospek pendidikan guru
dan fungsi guru masih strategi.
3.
Dengan
peningkatan pertanyaan pendidikan 20% dari APBN maka peluang pendidikan dan
peran guru profesional akan meningkat baik dalam jumlah dan mutu LPTK pada
tahab berkarya akan lebih meningkat urgensi pengangkatan mutu dan jabatan.
4.
Saat
ini indonesia masih kekurangan jumlah guru dan mutu guru profesional sebanyak
300.000 orang, dan kekurangan ini terus berlanjut selama terjadi pertambahan
penduduk dan gagalnya program keluarga berencana. Bila kekurangan ini harus
dipenui secara bertahab peran guru dalam masyarakat akan semakin meningkat dan
secara bertahab maka secara bertahab peran guru dalam masrakat akan semakin
meningkat dan secara bertahab juga akan meningkatkan dan secara bertahab juga
akan meningkatkan setatus sosial dan profesional guru dalam masyarakat.
5.
Peningkatan
terhadab status sosial dan profesional gruu dalam masyarakt akan mengembalikan
moto atau doktrin.
Selama
generasi muda dilahirkan ibu-ibu, maka selama itu pula belangsung proses
pendidikan dan ini menjamin taakan pernah menjadi atau pengadaan PHK pada semua
guru siapapun kapanpun dimanapun.
0 komentar: