Sabtu, 26 Januari 2013

PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN


PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Oleh : Nur Ahmad Shodiqin

Menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah, ini adalah pekerjaan yang menuntut banyak pengorbanan, meskipun beberapa guru tampak lebih medah melakukan tugasnya, mengajar sebenarnya mengandung banyak rintangan bisa jadi karena kenakalan siswa atau karena gaji yang diberikan kurang dari cukup.
Banyaknya rintangan dan kesulitan yang dihadapi suaktu menjadi seorang guru tidak menyurutkan langkah mereka untuk mengabdi didalam dunia pendidikan disamping itu juga seorang guru juga harus memiliki kemampuan tertentu sesuai dengan nilai dan norma yang seharusnya dimilikinya, misalnya berkepribadian baik, dewasa, tanggung jawab dan mandiri terutama secara moral agar dapat dijadikan motifasi peserta didiknya, sudah menjadi kuajiban suatu lembaga pendiikan harus meningkatkan mutu dan kualitas.
Seorang guru saat ini mempunyai prospek yang sangat baik dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, sekarang seorang guru difikirkan kesejahteraanya yaitu dengan adanya tunjangan fungsional dan sertifikasi tetapi kadang juga orang menganggap guru itu profesi yang tidak menjanjikan, tapi hal seperti itu tergantung niat dan keikhlasan masing-masing indifidu terkait.
Status dan profesi masyarakat terhadab hidub individual dan hidub sosial persaingan sumberdaya dari sektor pembangunan dan pembesaran imbal atas partisipasi kerja menentukan status dan posisi guru
Dalam status yang kondusif terhadap hal-hal yang ditentukan diatas maka terjadi perbedaan pandangan tentang strategi dan tidak strateginya profesi gurudalam masyarakat, sejak awal masyarakat indonesia terbangun oleh kondisi-kondisi objektif lingkungan dalam lingkungan sosial lingkungan budaya maka terbangunlah budaya buku tentang setatus sosial pendidik guru da;am masyarakat.
Namun dalam perkembangan kehidupan masyarakat indonesia yang yakin materealistik atau kebendaan dan individualistik dan rendahnya alokasi imbalan prestasi kerja dan prioritas prioritas kebijakan pembangunan yang lebih berorientasi pembangun an fisik maka dotrin itu tambah menjadi guru, artinya saat ini masyarakat lebih menghargai penting guru.
Adapun prospek guru antara lain tahapannya :
1.         Dimulai era reformasi yang menjadika  pendidikan sebagai sarana dasar kelangsungan yang berkelanjutan pendemokrasian kehidupan disemua sektor kehidupan politik ekonomi sosian kultural, maka peran guru selalu pendidik yang berfungsi membudidayakan dan meningkatkan mutu r kreatifitas suberdaya manusia indonesia menjadi semakin strategi.
2.         Dengan diterapkanya profesi kebijakan pembangunan bangsa diawali dengan pembangunan mata sumberdaya manusia, maka prioritas pembangunan juga diletakkan pada pembangunan juga ditanya pada pendidikan ini berarti prospek pendidikan guru dan fungsi guru masih strategi.
3.         Dengan peningkatan pertanyaan pendidikan 20% dari APBN maka peluang pendidikan dan peran guru profesional akan meningkat baik dalam jumlah dan mutu LPTK pada tahab berkarya akan lebih meningkat urgensi pengangkatan mutu dan jabatan.
4.         Saat ini indonesia masih kekurangan jumlah guru dan mutu guru profesional sebanyak 300.000 orang, dan kekurangan ini terus berlanjut selama terjadi pertambahan penduduk dan gagalnya program keluarga berencana. Bila kekurangan ini harus dipenui secara bertahab peran guru dalam masyarakat akan semakin meningkat dan secara bertahab maka secara bertahab peran guru dalam masrakat akan semakin meningkat dan secara bertahab juga akan meningkatkan dan secara bertahab juga akan meningkatkan setatus sosial dan profesional guru dalam masyarakat.
5.         Peningkatan terhadab status sosial dan profesional gruu dalam masyarakt akan mengembalikan moto atau doktrin.
Selama generasi muda dilahirkan ibu-ibu, maka selama itu pula belangsung proses pendidikan dan ini menjamin taakan pernah menjadi atau pengadaan PHK pada semua guru siapapun kapanpun dimanapun.

0 komentar: