Sabtu, 26 Januari 2013

PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN


PROSPEK PROFESI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Oleh : Muhimmatun Nisa’

Profesi merupakan sebuah pekerjaan yang digeluti oleh seseorang. Dari sekian banyak profesi, yang akhir-akhir ini menjadi “Main Topic” adalah profesi guru. Guru dengan dana tunjangan dan sertifikasinya, adalah bentuk jaminan kesejahteraan. Karena perhatian dari pemerintah itulah sehingga kesejahteraan guru sudah terjamin sekarang ini. Paradigma masyarakat nampaknya juga sudah berubah 180 derajat, semenjak adanya program sertifikasi dari pemerintah. Dengan adanya perhatian dari pemerintah untuk mensejahterakan nasib tenaga pengajar/guru, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Menjadi seseorang yang berprofesi sebagai guru mempunyai tanggung jawab yang sangat luar biasa berat dan tidak mudah. Apalagi menjalankan tersebut dengan profesionalitas tinggi juga tidak mudah. Guru profesional hendaknya menguasai metodologi pembelajaran dan paham betul bagaimana peran seorang guru dalam kelas. Guru yang mampu mengajar dengan baik adalah guru yang sudah mempersiapkan Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran sehingga dia mampu dan tahu tentang konsep kelas yang akan dijalankan. Guru yang mengajar tanpa Lesson Plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagaikan nahkoda yang tidak tahu arah dan tujuan dari kapal yang dikemudikannya.
Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa kebanyakan guru mengajar tanpa adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serta tidak menguasai meodologi pembelajaran, hal ini berimbas pada kondisi kelas yang tidak hidup dan jauh dari kata proses belajar mengajar yang berkelas dan bermutu. Kenapa kelas seperti ini bisa terjadi , hal ini karena guru dalam kelas ini tidak pernah memikirkan bagaimana menyajikan proses belajar mengajar yang berkualitas dan hanya melakukan profesinya sebagai rutinitas semata.
Idealnya seseorang yang memilih profesi menjadi seorang guru hendaknya jangan hanya memikirkan mengenai uang kesejahteraan semata, tetapi hendaknya memikirkan bagaimana profesi guru bias dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalitas yang tinggi. Senantiasa mengingatkan bahwa tugas seorang guru adalah tidak hanya mentransfer knowledge semata melainkan juga mampu mentransfer value kepada anak didik kita.
Sangat disayangkan sekali, proses perekrutan seorang guru banyak yang terekrut bukan dilihat karena faktor kemampuannya melainkan faktor kedekatan dan hubungan kekerabatannya. Hal ini dilakukan mengingat bahwa profesi guru benar-benar sangat menjanjikan baik dari segi ekonomi dan juga dari segi sosial. Ketika sebuah peluang itu ada kenapa harus diberikan kepada orang lain sedangkan kerabatnya ada. Hal inilah yang menyebabkan profesi guru yang tidak bias menjadi seorang guru profesional.
Tetapi semuaya jauh berbeda ketika perekrutan di sekolah bermutu dan berkualitas. Faktor kemampuanlah yang sangat dikedepankan. Karena kualitas pendidikan yang bermutu hanya dapat diciptakan oleh guru yang benar-benar profesional. Kualitas anak didik yang bagus terletak dalam proses pembeljaran seorang guru yang profesional.
Semoga kita bisa menjadi guru yang profesional, guru yang mengajar dengan hati serta penuh dengan tanggung jawab dan dedikasi tinggi. Amin………
Terimakasih.

0 komentar: