Sabtu, 26 Januari 2013

PROFESIONALISME GURU


PROFESIONALISME GURU
Oleh : Selvi Rosalina

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, masyarakat, Bangsa dan Negara. Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara (bapak pendidikan nasional indonesia) bahwa pendidikan adalah tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Adapun tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang diharapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat didalam berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendiri memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan, tanpa pendidikan kita akan menjadi manusia yang lemah dan selalu gagal dalam berusaha. Karena terkadang ada juga seseorang yang merasa minder ataupun susah beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya karena dia merasa tidak berpendidikan seperti mereka, jadi pendidikan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia mulai dari manusia lahir sampai akhir hayat, mulai dari pendidikan yang formal. Dan pendidikan yang non formal adalah sekolah. Sedangkan pendidikan non formal contohnya adalah keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pengertian guru menurut saya adalah seseorang yang memberikan suatu pendidikan kepada siswa mengenai suatu mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang dapat pula diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saja mata pelajaran aqidah akhlak bagaimana hukum-hukumnya dan bagaimana pembentukan pada akhlak peserta didik serta bagaimana cara penerapanya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun syarat-syarat guru profesional adalah yang dapat menguasai materi yang akan disampaikan kepada peserta didik dengan metode atau cara yang mudah dipahami oleh peserta didik sehingga anak didik dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Selain itu guru juga harus mampu menguasai kelas maka hasil belajar peserta didik akan maksimal.dan juga guru harus membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan untuk anak didik sehingga anak didik tidak akan menjadi bosan atau jenuh.

0 komentar: