Sabtu, 26 Januari 2013

MAU DIBAWA KEMANA?


MAU DIBAWA KEMANA?
Oleh : Mahmudi

G
uru merupakan sosok penting dalam kehidupan ini. Tak hanya orang tua, Guru memiliki peranan penting dalam membentuk karakter seorang anak didik. Yang mana nantinya akan membawa anak didik tersebut pada pilihan yang menentukan masa depannya. Dan disinilah pentingnya sosok orang tua dan guru.
Pada saat ini membicarakan Guru dan profesinya saya rasa sangat canggung, ketika kata “GURU” dijadikan sebagai suatu Profesi.  Padahal profesi itu sendiri maknanya lebih mengacu pada suatu pekerjaan/ kurang lebih merujuk pada mata pencaharian untuk memperoleh hasil nafkah. Apakah “GURU” adalah suatu pekerjaa?? Tidak bukan??ketika guru dijadikan sebagai suatu pekerjaan tidak menutupkemungkinan akan mengurangi tingkat profesionalisme guru itu sendiri. Karena targetnya hanya mengajar dengan literatur dan panduan yang dipakainya saja. Tidak pernah melakukan sebuah inovasi,kreasi,dan pengembangan dalam pembelajaran.
Menilik kembali kepada guru dan keprofesionalannya, dimana guru dituntut utnuk melakukan pembelajaran sesuai bidang atau pendidikan yang telah menjadi spesialisnya dengan enuh kapabilitas. Guru mengajar harus sesuai dengan kemampuan dalam bidang yang ditekuni semasa kuliah atau sesuai dengan jurusannya. Semisal lulusan matematika,mengajar matematika dan melakukan pengembangan dalam proses pembelajaran agar siswa  juga bisa melakukan inovasi dalam menyelesaikan pembelajaran.
Di Era global ini, tingkat profesionalan guru sangat dipertanyakan. Kenapa ? karena banyak sekali guru yang tidak sesuai dengan bidangnya dan mengajarnya pun cukup dengan mengandalkan buku pegangan yang dimiliki, tidak mencari bahan tambahan untuk penunjang pembelajarannya. Hal seperti ini yang sangat memprihatinkan,ketika melihat proses pembelajaran yang kurang maksimal,dan hal ini imbasnya pada anak didik jadi tidak semangat dan kurnag menguasai materi.
Ketika problem ini dibiarkan berangsur-angsur, maka pendidikan di Negeri ini tidak bisa mencapai hasil yang maksimal, yang mana tujuannya mencerdaskan kehidupan bangsa yang telah tercantum dalam UUD 45’ tidak dapat diperoleh secara baik. Olehkarena itu, dibutuhkan sosok Guru yang memiliki kualitas dan tingkat profesionalitas yang tinggi untuk menjadikan negeri ini maju dan berkembang.
Dengan demikian, dihimbaukan kepada semua guru agar selalu meningkatkan kualitas mengajarnya,agar siswa juga semangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

0 komentar: